Skip to main content

Long Distance Relationship atau LDR

Long Distance Relationship atau LDR adalah hubungan jarak jauh antara seseorang dengan orang lainnya yang terpisah jarak, ruang, dan waktu dalam menjalani sebuah hubungan.

Pengertian lainnya dari Long Distance Relationship atau LDR; Hubungan jarak jauh atau hubungan romantis jarak jauh adalah hubungan intim antara pasangan yang secara geografis terpisah satu sama lain. Mitra dalam LDR menghadapi pemisahan geografis dan kurangnya kontak tatap muka. LDR sangat lazim di kalangan mahasiswa, yang merupakan 25% hingga 50% dari semua hubungan.

LDR atau hubungan jarak jauh memiliki tantangan tersendiri, ia mampu menjadikan pasangan semakin erat dan juga membuat perpisahan dalam hubungan mereka.

Bagaimana tips menjalani long distance relationship atau LDR? Siapa sih yang ingin menjalani hubungan LDR? Terpisah jarak, ruang, dan waktu. Belum lagi ketika rasa rindu itu tiba-tiba muncul, yang ada hanya rasa nyesek didada, karena tidak bisa mengungkapkan isi hati seperti biasa.

Akan tetapi, perlu kita ketahui bahwa dalam menjalani sebuah hubungan, yang namanya LDR itu pasti akan ada. Mesisahkan kita dari jarak, ruang, dan waktu.

Apalagi kalau membahas tentang ujian LDR, sudah pasti sangat banyak sekali rintangan yang harus ditempuh dan dijalani. Karena LDR ini jauh dari pasangan, disinilah kesetiaan benar-benar diuji.

Meskipun kunci dari hubungan jarak jauh adalah komunikasi dan kepercayaan, tetapi kamu juga perlu merencanakan mengenai apa-apa saja agar komunikasi tidak cepat bosan dan terus menjaga rasa percaya tersebut.

Tips Menjalani Long Distance Relationship atau LDR

Bagaimana caranya? Lihat enam tips menarik dibawah ini, jika kamu sedang menjalani LDR dengan pasanganmu.

1. Hindari komunikasi berlebihan saat LDR

Jangan menghubunginya setiap saat, karena si dia juga butuh waktu untuk dirinya sendiri dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Komunikasi yang baik bukan ditentukan dari banyaknya waktu, tapi dari kualitas waktu tersebut.

Misalnya kamu menghubungi dia setiap saat, setiap menit atau jam, tapi yang diobrolin singkat-singkat sekedar basa-basi. Bandingkan bila kamu dan dia mengatur jadwal untuk mengobrol, pastinya kalian akan memilih waktu luang untuk berbicara lebih intim mengenai hal serius, bahkan bisa sampai bergurau tanpa gangguan jika bisa memilih waktu yang tepat.

Untuk waktu-waktu sibuk seperti pagi atau siang hari, kamu bisa menanyakan topik-topik umum. Seperti sarapan, makan siang atau gurauan-gurauan kecil lainnya.

2. Melakukan Kegiatan Bersama

Memanfaatkan teknologi untuk tetap dekat, meskipun terpisah jarak nan jauh kamu masih bisa melakukan kegiatan bersama menggunakan smartphone seperti video call.

Misalnya memasak, berkebun, jogging, jalan-jalan, dan lainnya sambil tetap terhubung. Kalian bisa ngobrolin yang tertangkap kamera, seperti langit cerah atau apa saja. Jangan lupa memilih jadwal, dan diskusikan bersama pasangan.

3. Kirimkan Kejutan Untuk Pasangan

Selain berkirim pesan melalui smartphone, kamu juga bisa berkirim hadiah yang tak terduga, buat dia terkejut dengan paket di depan pintu.

Tidak harus berupa barang mahal, yang penting bernilai romantis atau kamu hanya ingin sekedar menggodanya. Misalnya kamu mengirimkan buku dari penulis idolanya, lukisan tangan, atau asesoris hasil kreatifitas seperti gelang (nilai tidak selalu dari banyaknya jumlah uang).

4. Keterbukaan dalam Menjalani Long Distance Relationship atau LDR

Dalam kondisi jarak jauh, bisa saja muncul rasa sungkan atau takut mengganggunya, dan memutuskan untuk menyimpan perasaan sendiri. Lebih baik jangan lakukan hal demikian, karena perasaan yang dipendam akan membuat kamu gelisah, menyebabkan pikiran dan prasangka buruk muncul.

Hal ini dapat mempengarungi komunikasi secara perlahan dan menjadikan kualitas hubungan menurun. Sebaiknya bicarakan apa yang ingin kamu komunikasikan, pilih waktu yang tepat supaya tidak ada gangguan, seperti di malam hari sebelum tidur.

5. Jangan Meremehkan Hubungan

Mau jauh, mau dekat, mau ketahuan ataupun tidak, kamu tidak boleh meremehkan sebuah hubungan. Jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan dalam hubungan. Meskipun menjalani hubungan LDR menjadikan tidak terlihatnya tingkah laku kita dihadapan pasangan, tapi tingkah laku kalian harus tetap dijaga sebaik mungkin, karena akan berimbas pada hubungan selanjutnya.

Misal kamu selingkuh, berpikir bahwa tidak ketahuan karena jarak kalian jauh. Jangan salah dulu, sikap seperti itu akan membuat kamu bosan dengan dia karena telah mendapatkan yang lain. Tentu kelihatan dari komunikasi kamu yang terkesan ogah-ogahan dengan dia dapat membuat hubungan renggang, dan imbalan yang paling buruk adalah perpisahan.

6. Berpikir Positif ketika menjalani Long Distance Relationship atau LDR

Hal yang dapat menghindarkan dari perbuatan buruk (seperti selingkuh) adalah dengan tetap berpikir positif kepada pasangan. Selalu berpikir positif tentang pasangan dapat membuat pikiran dan hati menjadi tenang, tidak berprasangka buruk dan tidak berpikir negatif.

Segala hal buruk berawal dari pikiran negatif, dengan menjaga pikiran tetap positif tentu dapat menjaga hubungan tetap harmonis.

Penutup: Menjalani hubungan jarak jauh (LDR) memanglah tidak mudah. Ingat pepatah mengatakan 'hasil tidak akan pernah membohongi usaha' yang artinya jika berhasil melewati ujian hubungan jarak jauh (LDR), hubungan kamu dengan dia akan semakin kuat dan memperoleh hasil yang diinginkan, yaitu kebahagiaan.

Oh ya, jangan lupa untuk mem-bookmark halaman ini. Supaya lebih mudah menemukannya dilain waktu. Ikuti juga Zuwaj di Google News untuk mendapatkan akses lebih cepat.

Baca juga: Tips dari psikologi ketika chatting agar tidak membosankan.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar sebelum berkomentar.
Buka Komentar