Skip to main content

Psikologi Chatting Agar Tidak Membosankan

Psikologi Chatting Agar Tidak Membosankan — Tips dari psikologi ketika chatting agar tidak membosankan, garing, dan kaku ini akan menjadikan suasana chattingmu dengan orang lain terasa lebih hidup. Mengingat karena sudah pasti yang kita inginkan adalah ketika chatting dengan orang lain menjadi tidak membosankan, sehingga terasa seru dan banyak bahan obrolan, serta saling aktif memberikan respon.

Namun sebaliknya, banyak dari kita justru mengabaikan trik dari psikologi ketika kita sedang chatting. Sehingga menimbulkan ruang chat yang membosankan dan tidak mendapat respon seperti yang diharapkan. Bahkan lebih parahnya lagi, pesan yang kita kirim tidak hanya dibalas singkat, namun hanya diread saja! Terasa nyesek kan rasanya.

Tips Agar Chatting Tidak Membosankan

Kalau sudah seperti itu, rasanya mesti dipikir-pikir lagi deh. Apa ada yang salah? Entah dia lagi marah, merasa tertanggu, atau chat kamu membosankan. Cobalah untuk mencari cara mengetahui perasaan seseorang lewat chat, agar chattingmu dengannya bisa nyambung dan terasa nyaman.

Jika chat kamu ke dia cuma nanyain seputar dimana, sama siapa, lagi apa, dah makan belum, atau hal-hal serupa itu tiap hari, gimana dia nggak bosen nanggepinnya? Sudah pasti dia akan langsung meninggalkan pesan yang kamu kirimkan tanpa membacanya.

Lalu, gimana caranya supaya chat tidak membosankan? Kamu bisa simak tips berikut ini!

1. Ubah Awalan Chatting

Jika biasanya kamu nanyain lagi apa sebagai awal chat, sekarang harus dirubah. Kirimkan pesan yang menarik perhatian dia, bisa berupa cerita singkat atau berupa pertanyaan.

Seperti 'aku tadi dapet hadiah dari *** mau lihat nggak?' atau 'hari minggu besok ada bazar buku di toko blablabla'. Tinggal kamu sesuaikan dengan topik menarik, yang sekiranya berkaitan dengan dia.

2. Sisipkan Emoji Ketika Sedang Chatting

Cewek itu tipe makhluk yang perasa alias lebih menggunakan perasaannya, menyisipkan emoji dalam chat akan membuat dia merasa lebih mengerti apa yang kamu sampaikan.

Tenang aja, menyisipkan emoji tidak membuat sisi maskulin kamu luntur kok, justru terkesan kamu cowok berperasaan dan dia akan merasa lebih nyaman.

3. Jangan Berlebihan Mengumbar Kata

Ini kesalahan yang sering dialami para cowok, mentang-mentang chatnya direspon, terus mengeluarkan segala jurus untuk merayu. Lebih baik jangan, bisa-bisa dia malah jadi takut dan berpikiran kamu punya maksud tertentu.

Balas chat senatural mungkin, bersikap santai seolah kamu lagi chat sama teman. Dengan begitu kamu akan terlihat tetap 'cool' dan 'santai' dimata dia.

4. Perhatikan Intensitas Waktu

Dia bakal merasa kamu lagi ngebet deketin si dia, jika setiap saat kamu selalu mengirimkan pesan ke dia. Dan akhirnya malah membuatnya merasa terganggu. Parahnya, bisa-bisa nomor atau akun kamu diblokir oleh dia.

Kamu bisa mencari tahu setidaknya saat waktu luang dia, quality time adalah kunci suksesnya sebuah obrolan. Daripada kamu chat dia setiap saat, tapi malah dicap nyamuk alias pengganggu. Lebih baik bersabar dan manfaatkan waktu sebaik mungkin.

5. Pilih Topik Chat Yang Ringan

Baru mulai chat udah bahas teori konspirasi, sejarah perang, bahkan politik. Hal seperti itu bukan malah membuatmu terlihat pintar, yang ada kamu dicap cowok nggak peka. Jangan bahas orang lain dalam obrolan kamu dan dia, kecuali memang ada kaitannya dengan kalian berdua.

Pilihlah topik yang ringan, santai, terlebih mengundang tawa. Karena kamu tidak tahu kondisi dia, bisa jadi lagi bersantai atau mikirin masalah lain, terus kamu malah bikin dia tambah mikir atau pusing, bisa-bisa kamu dicap perusak suasana!

Jika mau ngobrolin hal serius, lebih baik jadwalkan dan jangan melalui chat karena rentan salah paham. Lebih baik melalui telephone, video call, atau ketemuan.

6. Tes Kepribadian

Tidak semua cewek mau terbuka, apalagi sama orang baru dikenal, ditambah lewat chat. Bahkan ada sebagian cewek yang sangat peduli dengan privasi, dia akan tersinggung jika kamu membahas tentang dirinya (apalagi dengan gaya sok tahu).

Apabila ketika saat chatting dengannya mulai slow respon atau tidak menunjukkan minatnya saat kamu bahas tentang dirinya, lebih baik ganti topik atau ucapkan maaf. Jangan sekali-kali mengatakan kalau kamu suka kepoin dia, apalagi masalah pribadi.

Carilah topik obrolan yang tidak membahas profil seseorang, karena dia akan berpikir kamu tukang kepoin masalah orang, dia sangat anti hal itu.

7. Kirim Gambar atau Video

Sebagai variasi kamu bisa mengirimkan gambar pendukung obrolan, entah mengenai aktifitas kamu, atau gambar dan video lucu yang sekiranya sesuai sama minat dia.

Ini akan membuat chatting terasa lebih hidup, dan tentunya membuat lebih banyak hal untuk dibicarakan.

8. Ketahui Karakter Dia

Chatting akan bertahan lebih lama dan menyenangkan saat kamu tahu karakter lawan chatting-mu, karena dengan mengetahui kepribadian lawan bicara, kamu akan tahu hal apa saja yang disukai dan dibencinya. Sehingga dapat memilih kalimat serta topik yang lebih baik, meminimalkan kesalah-pahaman, dan chatting pun akan semakin lancar.

Terakhir sekaligus penutup, jadilah diri kamu sendiri apa adanya. Tips di atas hanyalah cara memaksimalkan chatting supaya tidak membosankan, jadi manfaatkan dengan bijak.

Untuk obrolan yang lebih serius, lebih baik lakukan dengan bertatap muka, telephone atau video call. Ini juga akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman saat menyampaikan topik-topik penting antara kamu dengan dia.

Nah, itulah tips dan solusi supaya tidak terasa membosankan ketika chatting dengan orang lain. Selamat mencoba.

Oh ya, jangan lupa untuk mem-bookmark halaman ini. Supaya lebih mudah menemukannya dilain waktu. Ikuti juga Zuwaj di Google News untuk mendapatkan akses lebih cepat.

Baca juga: Kumpulan Kata Kata Bijak Dalam Hubungan Rumah Tangga.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar sebelum berkomentar.
Buka Komentar