Skip to main content

Perawatan Sebelum Menikah Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Perawatan sebelum menikah yang bisa dilakukan di rumah sendiri ini tidaklah ribet, dan bahkan memiliki banyak keuntungan, baik itu dari segi financial, waktu, atau pun dari segi kepuasan hasil perawatan.

Daftar isi

Mungkin beberapa orang akan memilih untuk merawat diri sebelum acara pernikahannya di salon, namun tidak menutup kemungkinan ada juga orang yang lebih memilih untuk melakukan perawatan sebelum menikah di rumah sendiri.

Selain lebih hemat, merawat diri sendiri di rumah ternyata bisa lebih mengefisienkan waktu. Kenapa? Karena tidak perlu antri dengan orang lain.

Berbeda dengan di salon yang sebelumnya harus reservasi dulu lah, belum lagi kalau harus menunggu giliran karena pelanggan salon tersebut banyak. Nah, untuk itu berikut beberapa tips perawatan di rumah untuk sobat Zuwaj sebelum melangsungkan acara pernikahan.

Perawatan Sebelum Menikah di Rumah

Bagian tubuh yang dirawat harus mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Sebab, kalau perawatannya setengah-setengah, maka hasilnya pun akan setengah-setengah.

Ada baiknya memulai perawatan ini 2 bulan sebelum acara pernikahan, tapi jauh lebih baik lagi jika melakukannya sejak dini, yaitu sejak belum ada rencana menikah sama sekali. 😀

Merawat Rambut Sebelum Pernikahan

Rambut merupakan mahkota bagi seseorang. Bahkan, jika mereka mengenakan jilbab, rambut tetap harus menjadi perhatian khusus. Karena rambut yang tidak terawat akan sangat mengganggu, apalagi bagi pengantin baru hehehehe.

Sobat Zuwaj cukup menggunakan shampoo yang biasa sobat pakai, hentikan mengganti-ganti produk shampoo, karena tidak semua akan sukses membuat rambutmu jadi lebih baik dari sebelumnya.

Jika kamu sudah cocok dengan produk shampoo tertentu, cukup gunakan paket perawatan yang satu merk. Misalnya, menggunakan conditioner, masker, dan jika ada, gunakan juga vitamin rambutnya.

Keramaslah paling tidak sekali dalam dua hari. Hindari menggunakan shampoo setiap hari, kecuali jika aktivitas kamu berada lama di bawah paparan sinar matahari.

Untuk kulit kepala yang berminyak, hindari menggunakan conditioner, karena ini akan memperparah kondisi kulit kepala kita.

Bagi sobat Zuwaj yang berketombe. Sebelum keramas, basahi rambut hingga kulit kepala, dan diamkan selama kurang lebih dua menit, lalu gunakan shampoo seperti biasanya.

Saat membilasnya, usahakan bilas hingga shampoonya benar-benar hilang dari kepala, karena biasanya penyebab ketombe adalah kurang bersih saat membilas shampoo dari kepala.

Perawatan Wajah Sebelum Menikah

Wajah merupakan aset utama. Karena saat menikah, wajah kita yang akan pertama kali dicari oleh para tamu undangan. Untuk itu, diperlukan perhatian khusus dalam perawatan wajah seperti halnya rambut.

Dalam merawat wajah, hindari mengganti-ganti produk. Hal tersebut tidak akan mendatangkan sesuatu yang baik untuk wajahmu, yang ada malah memperparah kondisinya.

Cukup gunakan pembersih wajah yang seperti biasa digunakan, dan hindari terlalu sering mencuci wajah menggunakan pembersih wajah. Maksimal penggunaan hanya 2x sehari.

Gunakan masker wajah sekali dalam seminggu. Tapi ingat, sebagian orang mungkin tidak begitu cocok dengan masker wajah. Jadi, jika wajah Anda tidak cocok dengan masker wajah, lebih baik hindari saja.

Bagi kulit berjerawat, hindari menggunakan peeling wajah karena peeling hanya akan memperparah kondisi jerawatmu. Bahkan, jika di wajahmu hanya ada satu jerawat!

Percaya deh, saya sudah membuktikannya dan saya menyesal. Ingat, bukan produknya yang salah tetapi kamu yang tidak berhati-hati dalam menangani dan mengenal jenis kulit wajahmu.

Jika kamu memang memiliki riwayat berjerawat, maka hindari menggunakan bedak. Gunakan saja cream pelembab yang cocok untuk kulitmu. Hindari facial, bahkan jika salah satu salon menawarkan harga promo! Jika ingin berhias sehari-hari, hias saja mata dan bibirmu. Itu saja sudah cantik kok. Trust me.

Atau, sobat Zuwaj juga bisa menggunakan produk olahan rumahan sendiri. Salah satunya adalah memanfaatkan buah naga sebagai produk kecantikan.

Untuk perawatan bibir, gunakan pelembab bibir yang tidak ada rasanya. Gunakan yang natural saja atau bisa menggunakan madu.

Untuk perawatan mata, sobat Zuwaj bisa mengompress mata dengan es batu agar kantung matanya berkurang, atau bisa juga menggunakan produk-produk penghilang kantung mata.

Merawat Telinga Sebelum Nikah

Merawat telinga? Haruskah??? Ya harus dong..., Cukup gunakan lilin terapi telinga, atau bisa juga menggunakan jasa dokter THT.

Tapi berhubung temanya merawat sendiri di rumah, maka gunakan saja lilin terapi atau ear candle. Harganya cukup murah kok, sekitar Rp. 10rb – Rp. 12rb, tergantung belinya dimana sih sebenarnya.

Daripada menggunakan jasa salon yang harganya bisa mencapai Rp. 40rb, lebih baik melakukannya sendiri di rumah. Dan untuk melakukannya, kita bisa meminta bantuan saudara atau tetangga terdekat kita.

Perawatan Badan Sebelum Menikah

Untuk merawat tubuh, kamu bisa menggunakan lulur dan lotion pelembab. Namun sebelum luluran, alangkah baiknya untuk menggunakan oil body, agar kulit tidak lecet saat luluran.

Pada sebagian orang, jenis sel kulit mereka berbeda-beda. Dan pemilihan produknya pun sesuai selera masing-masing. Ada yang suka menggunakan produk dari mustika ratu minyak cendana, terkadang juga ada yang lebih tertarik menggunakan label minyak zaitun.

Tapi selain mustika ratu, ada juga kok produk-produk sejenis lainnya. Seperti sari ayu, dan yang lainnya. Tergantung kamu mau pilih yang mana.

Untuk harganya, tidak jauh berbeda kok. Apalagi kalau mendapatkan harga promo, bisa didapatkan hanya dengan Rp. 17.000.00,- saja loh.

Untuk lulur, sebagian orang lebih cocok menggunakan produk sinzhui. Oh iya, hindari mencoba lulur sembarangan ya, karena kulit bisa iritasi dan muncul bintik-bintik merah.

Setelah luluran, gunakan lotion atau body butter. Tergantung pilihan.

Untuk lotion, kamu bisa menggunakan produk nivea yang 50% vit C, lotion ini digunakan untuk sehari-hari (jika tidak sedang luluran), dan body butter menggunakan produk mustika ratu yang bahan dasar kopi (digunakan setelah luluran). Sebab, kopi terkenal dengan antioksidannya dan memperkencang kulit.

* Pemilihan produk sepenuhnya tergantung selera sobat Zuwaj ya, dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jenis kulit yang sobat Zuwaj miliki.

Cara Merawat Kaki Sebelum Hari Pernikahan

Kaki juga sangat perlu dirawat, cukup dengan memotong kuku kaki secara teratur, karena kuku kaki yang kotor benar-benar bikin ilfil!

Saat mandi, gunakan juga sikat kaki yang soft. Sobat Zuwaj bisa juga menggunakan lotion kaki penghilang dan penghalus bakteri. Hindari menggunakan produk spray, karena bisa membuat kaki kering. Cukup gunakan produk lotion.

Terlepas dari cara perawatan sebelum menikah di rumah tersebut, bagi sobat Zuwaj umat muslim, ada baiknya jika melakukan puasa senin kamis. Hal tersebut sangat baik, bahkan saat tidak sedang ingin menikah. hehehe.

Maksudnya, yang namanya puasa pasti sangat bermanfaat bagi diri sendiri. Selain mengeluarkan toksin dalam tubuh, puasa juga bisa membuat badan bugar dan sehat.

So, happy wedding ya sobat Zuwaj.

Baca juga: Cara menabung untuk menikah dalam 6 bulan.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar sebelum berkomentar.
Buka Komentar