Skip to main content

Cara Menghilangkan Stres Dengan Cepat Melalui Pola Pikir

Cara menghilangkan stres dengan cepat melalui pola pikir ini sangat murah dan mudah kok, tidak ada kata "pergilah ke psikolog", atau "pergilah travelling". Sesuatu yang nggak murah untuk kantong mahasiswa.

Stres adalah masalah umum yang dialami setiap orang, wajar. Namun, jika dibiarkan akan mengganggu keseimbangan jiwa. Maka dari itu, Zuwaj sengaja mengumpulkan berbagai tips dan cara dalam mengatasi stres dengan mudah dan cepat melalui pola pikir.

Syarat utama dalam mengatasi stres ini adalah dengan memaksakan diri untuk melakukannya, agar sobat Zuwaj mendapatkan hasil yang maksimal. Karena beberapa tips berikut akan mengorbankan sebagian besar daripada gengsi yang sobat miliki. Namun, Zuwaj tidak menjamin 100% akan berhasil dengan cepat, ini berkaitan dengan alasan fakta bahwa keadaan psikis tiap orang pasti berbeda. Jadi, ada beberapa yang berdampak cepat, dan sebagian perlu waktu.

Cara menghilangkan stres dengan cepat melalui pola pikir ini terdiri dari 23 poin, dan setiap poinnya harus disimak dengan seksama. Jangan lupa, siapin cemilan dan minuman kesukaan sobat Zuwaj. Baik, kita mulai pembahasan tentang cara menghilangkan stres dengan cepat melalui pola pikir.

1. Kurangi kata 'Stres'.

Yang perlu kita sadari adalah, bahwa emosi bisa dipengaruhi dengan kata-kata. Misalnya, karena bosan dengan kerjaan, langsung bilang stres. Kebanyakan tugas, bilangnya juga stres.

Dikit-dikit bilang stres, dikit-dikit bilang stres. Seakan-akan yang muncul itu cuma stres, dan stres terus. Dan karena kita terlanjur bilang stres, akhirnya malah stres beneran, repot sendiri 'kan jadinya.

Nah, disinilah terkadang kita salah dalam memberi label pada emosi yang dirasakan.

Untuk membaca artikel tentang tanda-tanda emosi dan cara dalam mengendalikannya, kamu bisa membaca postingan sebelumnya yang berjudul: Ciri Ciri Pengendalian Emosi Diri Sendiri.

Alangkah baiknya sebelum memberi label stres, coba sadari dulu apa yang sebenarnya kita rasakan. Tanyakan sama diri sendiri: "Yakin ini stres?"

Coba kita pikirkan kata-kata ini, dan gunakan untuk mengganti kata "stres".

  • Kecewa
  • Bingung
  • Heran
  • Tertantang
  • Butuh inspirasi
  • Butuh piknik
  • Terganggu
  • Butuh bantuan
  • Butuh jawaban

Sebisa mungkin hindari deh menggunakan kata "stres". Karena pengaruh kata stres sangat kuat. Terlalu sering bilang stres, bisa berdampak negatif bagi jiwa kita.

2. Jangan Lebay.

Cara yang paling mudah memperburuk masalah adalah dengan membesar-besarkan masalah itu.

Baru ngalamin masalah dikit bilangnya stres-lah, depresi-lah, dan lain sebagainya. Seolah-olah dunia mau runtuh. Biar apa coba ngomong kayak gitu? Biar ada yang tahu kalau kamu sudah bisa ngomong stres?

Apalagi ketika kita beneran stres, kita cenderung mikirin yang aneh-aneh. Padahal, jarang sekali ketakutan yang kita pikirin itu jadi kenyataan.

Makanya, ketika tantangan menerpa kita, nggak usah lebay deh. Jangan jadi orang yang lemah, marahi dirimu sendiri. Bilang aja ke dirimu, "Jangan cemen, dunia masih membutuhkanmu."

3. Buku Catatan Khawatir.

Di atas tadi ane kan bilang, "Jangan jadi orang lemah". Ngomong sih gampang, praktiknya gimana?

Begini saja, anggaplah kamu sedang diterpa masalah yang membuatmu kepikiran terus menerus tentang masalah tersebut.

Ambil buku tulis kosong, dan beri nama "BUKU KHAWATIR". Isilah buku itu dengan catatan-catatan tentang semua kekhawatiran yang kamu rasakan. Tulis aja apa yang kamu khawatirkan, dari mana datangnya khawatir itu, dan hal apa yang paling kamu takutkan.

Saat menulis di buku tersebut, cobalah untuk jujur pada diri sendiri. Jika saat menulis masih ada rasa yang enggan kamu tuangkan, maka tuangkanlah. Jangan biarkan ada yang tersisa dalam lemari pikiranmu.

Karena menulis kekhawatiran adalah terapi CBT yang sangat sederhana. Fungsinya untuk mengenali perasaan kita sendiri. Ketika kita mengenali perasaan kita sendiri, kita bisa tahu cara mengendalikannya.

Ini terbukti sangat efektif untuk menghilangkan beban pikiran yang berat.

4. Jangan Lakukan Apapun Selama 2 Menit.

Bagaimana cara menenangkan pikiran agar tidak stres? Ketika pekerjaan menumpuk, cobalah beristirahat selama 2 menit.

Istirahat di sini berarti bener-bener istirahat total. Jangan ngapa-ngapain selama 2 meniiit aja. Pejamkan mata, dan fokus pada pernafasanmu. Pokoknya jangan mikirin apa-apa. Efektif banget buat mengendurkan otak.

5. Syukuri Lima Hal Di Sekitarmu.

Temukan lima benda di sekitarmu, misalnya pakaian, handphone, atau kendaraanmu. Amati dengan seksama benda itu, dan pikirkan "Apa jadinya bila kamu nggak punya benda itu?"

Atau, kalau kamu punya orang yang kamu sayangi, bersyukurlah karena dia masih ada untukmu. Berbahagialah, karena dalam keadaan sulit yang seperti ini, kamu masih memiliki sesuatu yang sangat berharga. Bahkan lebih dari itu.Itulah cara menghilangkan stres dengan cepat melalui pola pikir kelima.

6. Alihkan Fokus.

Misalnya, stress yang kamu rasakan disebabkan karena terjebak macet, atau galau karena mendadak ingat dengan kenangan masa lalu. 'Apa solusinya?'

Ketika negative thinking mulai terasa, secepatnya alihkan fokus. Segera ingat-ingat kejadian lucu beberapa hari lalu. Atau, cobalah untuk mengingat serunya film tadi malam. Yang pasti, jangan biarkan pikiran buruk menguasai pola pikirmu.

Ketika kamu fokus ke suatu masalah, pikiranmu akan mengikuti hal-hal negatif lain dibelakangnya. Misalnya tadi, 'macet'. Jika kamu fokus pada keadaan macet tersebut, kamu akan terbawa kepada pikiran-pikiran buruk lainnya. Entah itu, ingat mantan lah, angsuran belum selesai lah, atau yang lainnya.

Jadi tambah stres 'kan?

Mengalihkan fokus ini sangat cocok untuk mengurangi stres jangka pendek, atau suatu masalah yang bukan urusanmu. Kalau stres karena masalah pribadi, ya dihadapi lah ya.

7. Temukan Sesuatu Yang Baru.

Ketika kamu merasa tertekan, carilah sesuatu yang baru. Misalnya, download tema baru untuk hape, download lagu baru untuk didengar, atau beli makanan yang belum pernah kamu makan.

Karena sesuatu yang baru, bisa membuat pikiran kita lebih fresh dan bisa tenang kembali. Tapi ingat, jangan cari pasangan baru. Bisa berabe nanti.

8. Tulis Kekurangan Dan Kelebihanmu.

Tulis 10 kekuranganmu, kemudian tulis 15 kelebihanmu. Sudah? Kalau nggak kepikiran, tulislah hal-hal sederhana yang kamu bisa, tapi temanmu tidak bisa.

Ketika kamu menulis 'kelebihan' lebih banyak dari 'kekurangan', kamu akan jadi bangga, dan sayang sama dirimu sendiri. Dari situ, kamu akan merasa lebih baik lagi. Alhasil, rasa optimis pun muncul kembali.

Oh iya, menulis kekurangan juga ada alasannya lho!. Setelah menulis kekurangan, kamu harus belajar tentang cara memperbaiki kekuranganmu itu. Jadi, ini bisa sekaligus untuk introspeksi diri. 'Ternyata, kamu lebih baik dari yang kamu bayangkan, kan?'.

Mengapa hal ini bisa mengurangi stres?

Terkadang, stres yang muncul disebabkan karena kita tidak bisa menerima diri sendiri. Atau, kita menetapkan target terlalu tinggi.

9. Bayangkan Sesuatu Yang Menyenangkan.

Kamu adalah tuan rumah dari pikiranmu, kamu adalah raja dari emosimu, kamu menguasai mereka. Maka, kamulah yang harus mengendalikan mereka.

Ketika kamu sedang down, bayangkan sesuatu yang menyenangkan. Misalnya, makanan lezat yang akan kamu beli saat pulang nanti, pertandingan bola hari minggu yang akan kamu tonton, film baru yang nggak sabar mau kamu lihat. Atau, suara ketawa pasanganmu di telepon.

Harapan-harapan kecil seperti itu akan membuatmu terhibur, dan bisa mengurangi perasaan buruk akibat stres.

Baca juga: Psikologi Chatting Agar Tidak Membosankan.

10. Ambil Satu Target Dan Kejarlah.

Stres bisa datang karena hidup tidak punya tujuan, benar kan? Ketika tidak memiliki tujuan hidup yang jelas, harapan juga jadi kurang jelas.

Makanya, mulai sekarang tetapkan satu target. Cukup satu dulu. Bayangkan betapa bahagianya bila target itu tercapai. Dan bayangkan malunya, bila target itu gagal.

Misalnya, stres karena nggak punya kerjaan. Maka, tentukan target: 'tiap hari harus ngelamar di 10 tempat'.

Target ini harus jelas, dan harus bisa diukur dengan angka. Ini untuk memudahkan dalam melacak perkembangannya.

Jadi, ketika kamu ada kemungkinan gagal, kamu bisa evaluasi. Apa yang kurang? Gimana cara memperbaikinya?

Nah disitulah, ketika kamu punya target yang jelas, kamu akan lebih fokus. Kamu akan lebih berambisi. Dan kamu akan memiliki harapan lagi.

11. Terima Bantuan Orang Lain.

Stres juga dapat terjadi karena kita mempunyai masalah-masalah yang dipendam sendiri, atau bisa juga karena pekerjaan yang menumpuk. Ketika orang lain bertanya 'kenapa?', kamu malah milih diam dan nggak mau cerita.

Nggak apa-apa kali, menerima bantuan dari orang lain. Kalau memang ada yang menawarkan bantuan, ya udah terima saja. Iya, saya tau kamu nggak ingin nyusahin orang. Tapi, daripada kamu terbebani terus?. Pilih yang mana coba? Terima bantuan, atau merasa terbebani?

12. Curhat Sama Orang Lain.

Ini mirip seperti yang di atas. Kalau memang sedang stres, carilah teman yang bisa diajak curhat. Bilang sama dia kalau kamu lagi ingin cerita.

Tidak semua beban dan masalah harus kamu tanggung sendiri kok, ceritakan saja sama temanmu. Mungkin hal ini tidak akan menyelesaikan masalah, tapi setidaknya tekanan itu akan berkurang.

13. Kurangi Kosakata Negatif.

Sadar nggak sih, orang yang gampang stres biasanya kata-katanya jelek?

Kata-katamu mempengaruhi pikiranmu. Kalau kamu merespon sesuatu dengan kata-kata jelek, pikiranmu akan kotor. Apalagi kalau diucapkan, efek negatifnya pasti bertambah.

Jadi, ganti saja kata-kata negatif yang ada dengan yang lebih positif. Misalnya:

  • Yang tadinya bilang "marah", coba diganti dengan "sedikit terganggu".
  • Yang tadinya bilang "putus asa", coba diganti dengan "butuh inspirasi".
  • Yang tadinya bilang "capek", coba diganti dengan "butuh isi tenaga".
  • Yang tadinya bilang "stres", coba diganti dengan "sedikit kewalahan".

Serius, dengan mengubah kosakata sehari-hari saja, pola pikirmu akan berubah.

14. Kumpulkan kata-kata motivasi.

Di galeri handphone saya, ada satu folder khusus yang saya kasih nama "cemungut".

Isinya screenshot kata-kata positif, dan banyak kata-kata motivasi juga.

Kata-kata sungguh berkuasa.

Dengan kepandaian memilih kata, Tan Malaka meneriakkan kemerdekaan dari bawah tanah ke seluruh dunia. Bung Tomo membakar semangat pejuang untuk menghajar dua pasukan yang disegani dunia. Wiji Thukul si cadel, menyatukan para jiwa yang bungkam dengan satu kata: "Lawan!".

Dampak kata-kata itu luar biasa, dan kenapa kita tidak memanfaatkannya? Ini bisa menjadi solusi sekaligus cara menghilangkan stres dengan cepat melalui pola pikir ini.

Kumpulkan kata-kata motivasi dari sosmed yang pernah kamu temui.

Ketika kamu mulai down, bukalah folder itu. Baca-baca lagi saja buat nambahin cemungut. Kebawa tulisan yang diatas kan akhirnya, cemungut!.

15. Hindari Teman Yang Negatif.

Saran dari Zuwaj selanjutnya adalah, kurangi bermain dengan teman yang gampang nyerah, suka ngeluh, dan kata-katanya tidak enak ditelinga. Apalagi kalau si dia suka ngegosip, atau bahkan suka berantem sama orang lain.

Emosi-emosi negatif akan mempengaruhi kamu dalam jangka panjang. Sudah cukup masalah dari kamu sendiri, eh malah ditambah dengan tingkah laku negatif dari dia. Yang ada nanti, bukannya menemukan cara menghilangkan stres dengan cepat dan mudah melalui pola pikir, ujung-ujungnya malah tambah stres sendiri.

Mundurlah pelan-pelan, dan carilah teman yang positif. Harapannya, kamu ikut ketularan positif juga.

16. Cobalah Untuk Sedikit Cuek.

Stres juga bisa terjadi ketika kita terlibat urusan yang bukan masalah kita.

Misalnya, stres karena ngurusin jodoh nggak datang-datang, atau mikirin rizki yang segitu-gitu saja.

Kita mikir sesuatu, tapi tidak bisa mengusahakan apa-apa tentang itu. Akhirnya, hanya bisa dipikirin dan nggak bisa diapa-apain kan?

Sudahlah, jangan mikirin hal yang tidak bisa diusahakan. Lepaskan saja, fokus sama yang ada sekarang. Fokus saja sama yang bisa dikerjakan sekarang.

17. Jadwalkan Harimu.

Ini sangat cocok sekali untuk mengatasi stres yang disebabkan karena nganggur, dan stres akibat patah hati.

Cara ampuh mengatasi stres adalah membuat jadwal kegiatan harian. 'Mau ngapain saja hari ini?'. Caranya: Ambil kertas, dan buatlah tabel apa saja yang akan kamu kerjakan hari ini. Kalau bisa, buat yang ada angkanya.

Terkadang kita kewalahan karena gagal menguasai situasi dan kondisi yang ada.

Membuat jadwal adalah trik ampuh untuk mengurai benang kusut tersebut satu persatu.

Selain itu, cara ini juga bisa menjadi cara menghilangkan stres akibat putus cinta.

Kalau sudah patah hati, jadinya malas ngerjakan apa-apa kan? AKhirnya bingung mencari cara menenangkan hati dan pikiran setelah putus cinta.

Makanya, buatlah jadwal kegiatan untuk harimu besok. Kalau bisa, isi jadwal tersebut dengan kegiatan yang produktif dan tidak terlalu mengeluarkan banyak pikiran. Misalnya, beresin kamar, nyuci motor, menyelamatkan dunia dari kejahatan, dan lain sebagainya.

Dengan membuat jadwal kegiatan, kamu akan menciptakan tujuan untuk dikejar.

Hatimu yang patah pun akan teralihkan kepada kegiatan positif.

18. Deteksi "Waktu Panik".

Ketika stres menjadi sesuatu yang sering terjadi (misalnya pekerjaan), kamu bisa mendeteksi jam berapa saja stres atau tekanan seperti itu muncul selama beberapa hari ke depan. Jadi, kamu bisa memprediksi waktu 'si stres' ini datang. Lalu, kamu bisa antisisapi deh.

Baca juga: Psikologi Lelaki Jatuh Cinta Yang Jarang Diketahui Wanita.

19. 5, 4, 3, 2, 1.

Ada satu cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan menghilangkan stres dengan cepat melalui pola pikir, nama teknik ini adalah 'grounding'. Maksud dari trik ini adalah menangkap perhatianmu yang tegang, kemudian mengulurnya sampai lentur lagi.

Caranya:

  • Sebutkan 5 benda yang kamu miliki.
  • Sebutkan 4 hal yang sedang kamu rasakan (udara yang berhembus, lantai dingin, pegal di tangan).
  • Sebutkan 3 hal yang sedang terdengar olehmu (tetesan air kran, deru kipas angin).
  • Sebutkan 2 hal yang sedang tercium olehmu (bau belerang yang ternyata kentut, bau iler di bantal).
  • Sebutkan 1 hal baik tentang dirimu (aku cantik, aku kuat, aku masih sanggup)

20. Menangis.

Mengubur emosi sama seperti mengubur bom hidup. Kamu tidak tau kapan, tapi yang pasti itu akan meledak. Mumpung belum meledak, kenapa tidak meng-ekspresikan saja dentuman itu?

Menangis saja kalau memang itu bisa membantu, kuras semua emosi itu. Habiskan semua rasa sedih, tertekan, kecewa, dan patah hati itu. Ketika berhenti menangis, minum air putih yang banyak, kemudian dengerin lagu sedih-sedih.

Ibarat 'lap kanebo', peras saja perasaanmu sampai nggak ada sisanya. Tapi itu untuk sehari saja. Setelah itu, bangkitlah, dan jangan pernah melihat ke belakang.

21. Fokus Pada Satu Masalah Dulu.

Salah satu hal yang bisa membuat stres adalah mencoba menyelesaikan banyak hal sekaligus.

Semua dipikirin dalam satu waktu yang sama. Bukannya selesai, yang ada malah tambah ribet.

Sudah banyak penelitian mengatakan bahwa multitasking tidak efektif. Ingat, kamu bukan mesin yang bisa menyelesaikan beberapa hal dalam satu waktu. Seandainya bisa, hasilnya pun tidak akan maksimal.

Makanya, selesaikan dulu satu masalah yang kamu anggap penting, atau pilihlah masalah dari yang termudah dulu. Setelah satu masalah selesai, baru pindah.

Sama halnya saat kamu sedang stres menghadapi masalah besar. Ketika kamu menghadapi satu masalah tersebut, analisalah terlebih dulu masalah itu. Setelah itu, kamu bisa memilah masalah besar itu menjadi beberapa bagian kecil.

Pikirkan solusinya, lalu selesaikan satu. Kalau sudah, pindah ke masalah berikutnya. Alhasil, masalah yang tadinya kelihatan besar, bisa diselesaikan karena dipecah menjadi beberapa bagian, dan diselesaikan sedikit demi sedikit.

Membagi masalah menjadi kecil-kecil sebenarnya hanya trik menipu diri sih. Dengan melihat masalah yang terlihat kecil, kamu jadi merasa sanggup untuk menyelesaikannya.

22. "Aku Kuat, Aku Kuat, Aku Kuat".

Pengulangan adalah kunci utama. Pengulangan adalah kunci utama. Sekali lagi, pengulangan adalah kunci utama. Ini adalah trik hipnosis yang paling sederhana, yaitu ulangi kata-kata.

Coba ingat-ingat, gimana cara para hipnosis menghipnotis?. Jawabannya, mereka mengulangi kata-kata mereka kepada calon korban. Pengulangan kata atau kalimat memberikan perhatian khusus. Dengan diulang-ulang, pola pikirmu akan meresapi kata-katanya.

Ini juga bisa kamu terapkan saat kamu mulai tertekan, ucapkan kata-kata positif pada dirimu sendiri.

'Aku tuh orangnya kuat dan tabah, dan aku pasti bisa menghadapi semua ini.'

Pejamkan mata, dan ulangi kata-kata itu.

23. Permainan Memori.

Disaat kamu dilanda stres berat, kamu harus mencoba untuk "menancapkan diri" ke realita. Kembalilah kepada saat ini, dan jangan pikirkan masa depan atau masa lalu.

Permainan memori ini bisa mengalihkan perhatian kita dari sumber stres, misalnya:

  • Ingat nama-nama kota yang pernah kamu kunjungi.
  • Urutkan alfabet terbalik dari akhir ke awal.
  • Sebutkan nama-nama pemain sepak bola yang kamu tahu.
  • Atau, sebutkan film-film hollywood yang sudah kamu tonton.

Ini juga bisa untuk menangani orang yang mulai panik, tapi kamu harus membantunya untuk melewati masa-masa kepanikan orang tersebut.

Penutup: Itulah tips dan cara menghilangkan stres dengan cepat serta mudah bagian pertama. Akan kami lanjutkan bagian kedua, ketiga, sampai 10 bagian artikel tentang cara mengelola stress yang baik dan benar.

Cara menghilangkan stres dengan cepat melalui pola pikir ini, bisa juga diterapkan untuk mengatasi stres dan depresi pada remaja. Namun, jika kamu juga sedang mencari cara mengatasi depresi pada diri sendiri, langkah diatas adalah yang paling tepat.

Sampai disini apakah ada pertanyaan? Jika ada pertanyaan atau masukan, silakan tulis dikolom komentar untuk sharing masalah yang sobat Zuwaj rasakan. Kita cari tahu penyebabnya bersama, dan kita pecahkan solusinya. Ok, salam hangat dari Zuwaj.com.

Selanjutnya, berikut daftar isi khusus tentang cara menghilangkan stres dengan cepat, mudah, murah dan paling ampuh.

Artikel terkait cara mengatasi stres.

  1. Cara menghilangkan stres dengan cepat melalui pola pikir.
  2. Cara mengatasi stres dan depresi melalui gerakan.

Oh ya, jangan lupa untuk mem-bookmark halaman ini. Supaya lebih mudah menemukannya dilain waktu. Ikuti juga Zuwaj di Google News untuk mendapatkan akses lebih cepat.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar sebelum berkomentar.
Buka Komentar